foryoutour – Museum Geologi yang berada di kota bandung memang menjadi salah satu daya tarik wisata tersendiri. Para wisatawan lokal maupun mancanegara sering mengunjungi tempat wisata yang bertema sejarah ini. Pemerintah mendirikan museum Geologi pada tanggal 16 Mei 1928 kemudian direnovasi dengan bantuan Jepang sehingga kini tetap dalam kondisi yang baik sebagai tempat wisata anak di Bandung yang patut dikunjungi. Setelah direnovasi, Museum Geologi dapat dikunjungi setelah dibuka kembali oleh Megawati Soekarno Putri pada 23 Agustus 2000.

Tidak hanya sebagai tempat wisata, ternyata Museum Geologi Bandung juga menjadi tujuan wisata belajar sekolah karena bangunan Museum Geologi tidak hanya bersejarah tetapi juga memiliki ciri edukatif yang mendidik anak-anak seperti observatorium bosscha Bandung. Koleksi dari museum Geologi antara lain fosil, batuan, dan mineral. Di museum sejarah ini, anak-anak dapat belajar tentang bencana alam, menggunakan sumber daya, mengolah energi, dan belajar tentang bumi.

Daftar Koleksi Museum Geologi

Hampir sama dengan bangunan museum lainnya, bedanya museum Geologi memiliki banyak objek menarik yang tidak terdapat di tempat wisata lain. Bahkan, museum ini juga terbagi menjadi dua lantai dengan koleksi yang berbeda sebagai hasil rancangan arsitektur Belanda pada zaman kolonial kuno. Jika Anda belum pernah mengunjungi Museum Geologi Bandung, cari tahu koleksi benda apa saja yang bisa ditemukan di sana, berikut informasi selengkapnya.

Lantai 1

Saat masih di lantai satu, Anda bisa langsung menuju ruang tamu, lalu Anda bisa menemukan animasi aktivitas geologi dan aktivitas museum di layar lebar. Disini juga terdapat layanan informasi mengenai museum, layanan pendidikan dan penelitian. Bagi kamu yang berminat melakukan penelitian bisa langsung meminta izin ke ruang tamu.

Setelah mengunjungi ruang tengah, Anda dapat melanjutkan kunjungan ke ruang barat yang berisi kumpulan penggambaran hipotetis bumi, ada tata surya, tatanan tektonik regional, kemudian ada juga model pergerakan lempeng aktif kerak bumi.

Di sebelah barat, Anda bisa memahami kondisi geologi di Indonesia dan keberadaan fosil manusia purba. Kemudian berbagai jenis batuan, sumber daya mineral, perkakas dan perlengkapan lapangan. Menariknya lagi di ruangan ini terdapat sejarah evolusi menurut teori Darwin. Jika Anda membutuhkan alat penelitian dan pemetaan maka semuanya ada di ruang barat.

lantai 2

Anda bisa langsung mengunjungi ruangan di tengah yang berisi kumpulan maket tambang emas terbesar di dunia yang terdapat di Irian Jaya, lalu ada juga kumpulan bebatuan dari Papua (Irian Jaya), dan juga terdapat miniatur pengeboran minyak bumi dan miniatur alam pengeboran gas. Dengan mengunjungi lantai dua Anda akan lebih memahami berbagai macam sumber daya alam di Indonesia yang harus dijaga.

Sedangkan untuk isi ruang barat, ada tempat untuk staf Museum. Kemudian para pengunjung dapat melihat tengkorak manusia purba pada zaman purba sehingga menambah pengetahuan bahwa manusia purba itu ada.

Saat anda mengunjungi tempat wisata di bandung ini anda bisa mengetahui manfaat dan kegunaan batu mineral bagi manusia, kemudian memahami gambaran sebaran sumber daya mineral di indonesia, catatan kegiatan eksplorasi sumber daya mineral, kemudian ada juga catatan tentang mineral tersebut. kegiatan eksploitasi sumber daya.

Di ruang sisi timur, pengunjung juga dapat memahami cara penggunaan bahan mineral dalam kegiatan tradisional sehari-hari, informasi penggunaan mineral dalam kegiatan sehari-hari modern, serta mengetahui cara mengolah mineral dan energi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *